Koneksi Antar Materi Modul 1.2

 

1.    Peristiwa

Momen yang paling penting bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 dan 1.2 adalah saat penguatan dari nara sumber.  Penguatan tersebut untuk mengecek seberapa jauh pemahaman saya dalam mempelajari materi modul 1.1 dan 1.2 melalui alur pembelajaran yang sangat menginpirasi saya.

Kaitan antara modul 1.1 dan 1.2 adalah modul 1.1 membawa kita pada filosofi Ki Hajar Dewantara bahwa seorang pendidik itu bagaikan petani yang merawat tanamannya yaitu menuntun peserta didik sesuai kodrat alam dan kodrat zaman. Sedangkan modul 1.2 adalah membawa kita pada pemahaman apa yang harus ada pada kita sebagai bekal saat kita menuntun peserta didik sehingga dapat berperan dalam mengkondisikan peserta didik menjadi seorang yang sedang belajar dengan hasil merubah dari tidak tahu menjadi tahu.

2.     Perasaan

Perasaan saya saat momen itu terjadi adalah saya merasa sangat gembira karena menemukan pencerahan sekaligus menebalkan pemahaman saya yang masih tipis dan menambah pemahaman saya yang masih kurang.

3.      Pembelajaran

Sebelum momen tersebut terjadi masih ragu dengan hasil belajar mandiri saya ternyata setelah ada penguatan dari nara sumber saya sangat bahagia karena pemahaman saya tentang materi yang baru saja saya pelajari benar adanya.

4.      Penerapan ke depan ( rencana )

Pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak adalah menjaga agar tetap  berpihak pada murid, dengan demikian akan menggerakkan saya untuk mandiri, reflektif dan kolaboratif sehingga akan melahirkan inovasi saya yang kreatif dan variatif. Di samping itu untuk memupuk nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada pada saya dengan keteladanan dan pembiasaan yang konsisten.

Komentar