SOSIS SAPI

Endah Purwatiningsih, S.Pd.Mat.

SMP Negeri 1 Kalibening, Banjarnegara

Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Provinsi Jawa Tengah

 

Program Yang Berdampak Positif Pada Murid

“SOSIS SAPI”

 

 

I.       JUDUL:

 SOSIS SAPI (Soal Istimewa untuk Sarapan Pagi)

 

II.      TUJUAN :

SOSIS SAPI dilaksanakan agar murid suka dengan matematika serta terampil berhitung bilangan bulat dan bilangan pecahan

 

III.    LATAR BELAKANG :

A.    Konsep yang mendasari :

 

No.

Konsep

Aksi Nyata

Modul yang diterapkan

1.

Menuntun murid

Menuntun murid untuk mengembangkan kekuatan positif dalam numerasi

1.1.Refleksi Filosofi

Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara

2.

 

Inovatif

Berkreasi untuk pembelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan murid

1.2.Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak

3.

Prakarsa Perubahan

Membuat Prakarsa Perubahan sebagai acuan untuk meraih impian yaitu murid suka dengan matematika serta terampil dalam berhitung bilangan bulat dan bilangan pecahan sebagai tindak lanjut dari permintaan murid melalui Voice nya yang disampaikan murid secara spontan saat ngobrol santai dengan guru mata pelajaran Matematika di lapangan basket (di depan ruang kelas VIIC ) SMP Negeri 1 Kalibening

1.3.Visi Guru Penggerak

4.

Budaya positif

Mengkondisikan murid menjadi pembelajar sepanjang hayat

1.4.Budaya Positif

5.

Profil Belajar

Memenuhi kebutuhan murid dalam hal gaya belajarnya yang sesuai dengan kodrat jaman yaitu digitalisasi pembelajaran

2.1.Pembelajaran Berdiferensiasi

6.

Mengembangkan KSE dengan

Mengembangkan karakter tanggung jawab dalam pengambilan keputusan sebagai bentuk Ownership terhadap Voice dan Choice murid sendiri

2.2.Pembelajaran Sosial dan Emosional

7.

Sebagai Coaching

Mengantarkan murid untuk meriah tujuan suka dengan matematika serta terampil berhitung bilangan bulat dan pecahan sesuai dengan Choice murid

2.3. Coaching Dalam Supervisi Akademik

8.

Mengambil keputusan membuat program yang berdampak positif pada murid

Melalui komunikasi dan koordinasi dengan murid, rekan sejawat diambil keputusan membuat program yang berdampak positif pada murid yaitu “SOSIS SAPI “ ( Soal Istimewa Untuk Sarapan Pagi ) atas dasar Choice dari murid yang disampaikan oleh perwakilan tiap kelas di halaman masjid Al Jabir SMP Negeri 1 Kalibening

 

3.1. Pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin

9.

Mengelola sumber daya yang ada

Memanfaatkan waktu murid (pagi)

Memanfaatkan aset (HP)

3.2. Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya

10.

Mengelola Program yang berdampak pada murid

Mengelola dengan baik dan stabil program SOSIS SAPI dengan langkah awal sosialisasi kepada

1.    Seluruh warga sekolah

2.    Wali murid melalui grup WA

Yang sebelumnya sudah dimusyawarahkan dengan beberapa rekan sejawat meliputi guru Matematika,  Wali kelas, Guru BK/TIK, Kesiswaan, Guru senior, Guru PPkn

3.4. Pengelolaan program yang berdampakpositif pada murid

 

 

B.    Strategi Penumbuhan Student Agency

No.

Student Ageny

Aksi Nyata

1.

Voice

Mendengarkan suara murid tentang bagaimana saya dalam memimpin pembelajaran matematika agar murid senang dan bahagia dalam belajar matematika. Suara murid tersebut diantaranya adalah :

a.    Murid lebih suka mengerjakan latihan soal yang dibuat oleh guru

b.    Minta diberikan latihan soal yang berkali-kali untuk mengasah kemampuan matematikanya

2.

Choice

Menanyakan penugasan seperti apakah yang menyenangan dalam belajar matematika. Pilihan murid adalah :

a.    Materi operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian

b.    Media yang digunakan adalah HP

c.    Variasinya soal dibuat dalam berbagai macam aplikasi seperti wordwall, quizizz, game dan lain-lain

3.

Ownership

Menunjukkan tanggungjawabnya terhadap Voice dan Choice nya yaitu dengan disiplin,kontinyu dan bersemangat mengerjakan soal-soal dalam program “SOSIS SAPI

 

 

C.   KARAKTERISTIK SEKOLAH :

a.    Displin waktu sebagai budaya positif yang sudah disepakati

Dengan mengikuti program SOSIS SAPI maka murid akan disiplin waktu, berpagi-pagi persiapan untuk belajar di sekolah

b.    Pemanfaatan HP untuk peningkatan kompetensi murid

Murid akan terarah dalam menggunakan HP serta paham kegunaan dan manfaat HP

c.    Murid menjadi pembelajar sepanjang hayat

§  Murid tiap hari belajar dengan mengerjakan soal-soal dalam SOSIS SAPI

§  Murid belajar dengan mencermati dan pembahasan soal-soal dalam SOSIS SAPI melalui media sosial yang sudah disepakati yaitu : tiktok.com/@endah_purwatining, https://youtube.com/@endah_purwatining dan https://endahpurwatiningsihblog.blogspot.com/serta dengan bimbingan guru secara langsung

§  Membiasakan murid untuk selalu belajar matematika karena matematika adalah “mother of science”  dan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

D.   KESENJANGAN KEBUTUHAN DI LAPANGAN

a.    Sumber Informasi :

-       Voice murid

-       Choice murid

-       Pada tahun-tahun yang lalu pernah dilaksanakan pembelajaran jam ke-0 (ke-nol)

-       Berdasarkan testimoni terkait dengan penggunaan media pembelajaran digital sebagian besar murid menyatakan senang belajar matematika menggunakan aplikasi-aplikasi yang bervariasi dan mereka menyatakan matematika itu mudah dan menyenangkan

-       Sudah diadakan uji coba selama 2 minggu di kelas yang saya pimpin dengan kesan murid matematika itu mudah dan menyenangkan

b.    Data :

- Materi prasarat murid untuk bekal mengikuti pembelajaran matematika masih belum

   memberikan dukungan yang maksimal

- Semangat murid dalam belajar matematika masih kurang karena dihantui

   pemikiran bahwa matematika itu sulit

                  -.Hasil nilai matematika Sumatif Akhir Semester masih kurang menggembirakan dan

                    belum maksimal

 

Untuk melihat proses mengelola dan mengolah Voice dan Choice murid sehingga terlahir Prakarsa Perubahan berupa program yang berdampak positif pada murid yaitu SOSIS SAPI dapat disimak dalam link berikut :

https://youtu.be/mEFT_x9VSS8 atau

http://tiny.cc/youtube-SOSISSAPI-endahpn atau scan di sini

 

 

IV.       CAPAIAN,LANGKAH-LANGKAH DAN HASIL YANG DIHARAPKAN DARI TIAP TUJUAN

 

A.      Capaian:

1.       Murid suka dengan matematika

2.       Murid terampil berhitung bilangan bulat dan bilangan pecahan

 

B.      Langkah-langkahnya dapat dicermati pada link berikut :

https://drive.google.com/drive/folders/1Ga7gnYUdq5EJ5WQqgr9SIRtZDdLYpnEp?usp=sharing

atau

https://bit.ly/endahpn-BAGJA-sosissapi

 

V.        STRUKTUR PROGRAM DAN MITRA

Program  SOSIS SAPI ini merupakan program sekolah yang diatur dengan ketentuan sebagai berikut :

1.    diperuntukkan untuk murid SMP Negeri 1 Kalibening kelas VII

2.    berlangsung selama satu tahun dimulai hari pertama pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan diakhiri pada hari terakhir pembelajaran semester gasal tahun pelajaran 2023/2024 dilanjutkan untuk dua tahun berikutnya setelah dilakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan SOSIS SAPI

3.    dilaksanakan secara online tiap pagi sebelum jam pembelajaran dimulai

4.    media yang digunakan adalah HP

5.    berupa soal-soal kuis yang disajikan melalui aplikasi yang bervariasi seperti wordwall, quizizz, padlet, google form dan aplikasi lainnya

6.    pembahasan soal kuis (jika diperlukan) melalui

tiktok.com/@endah_purwatining,

https://youtube.com/@endah_purwatining dan  https://endahpurwatiningsihblog.blogspot.com/

serta pembahasan langsung dari guru

7.    materi kuis adalah soal-soal operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat dan bilangan pecahan

8.    pemantauan dengan dibentuk kelompok diskusi dengan anggota 4 orang perkelompok

9.    tiap kelompok diskusi dibentuk kepengurusan

10.  dalam kelompok diskusi saling mengingatkan untuk mengerjakan SOSIS SAPI

11.  kelompok diskusi sebagai ajang diskusi jika ada kesulitan maupun kendala terkait program SOSIS SAPI

12.  mitra yang berkolaborasi dalam program ini adalah

a.    kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan

b.    siswa sebagai pelaksana program

c.    seluruh guru matematika, wali kelas, guru BK, Tim IT yang akan mendampingi berjalannya program ini

d.    wali murid untuk pemberitahuan dan kerjasama dalam pendampingan di rumah

e.    seluruh warga sekolah dengan dukungan keberlangsungan program

 

 

VI.          Pernyataan tentang kapasitas yang dimilki kelas / sekolah

Kapasitas sumber daya yang dimiliki sekolah yang dapat digunakan untuk melakukan program ini adalah :

a.    Siswa

b.    Guru

c.    Kepala sekolah

d.    Tenaga kependidikan

e.    Wali murid

f.     Pengurus Komite

g.    HP yang dimilki siswa

h.    Wifi sekolah

 

VII.         Rencana Evaluasi
Evaluasi program akan dilaksanakan sebagai sarana untuk pengembangan program kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut:

a.    dilakukan tiap bulan

b.    dengan melibatkan siswa dan guru matematika

c.    mencermati data murid yang aktif dalam program kegiatan ini

d.    data diambil tiap hari oleh ketua kelompok dengan cara anggota kelompok melapor jika sudah mengerjakan soal dalam SOSIS SAPI  secara lisan

e.    ketua kelompok mencatat yang tidak aktif dalam program SOSIS SAPI ini

f.     rekap data keaktifan murid dalam SOSIS SAPI dilaporkan ke guru matematika yang mengajar di kelasnya

g.    Jika ada masalah, guru matematika mengajak diskusi di kelas yang bermasalah terkait pelaksanaan program SOSIS SAPI  untuk dilakukan tindak lanjut

 

VIII.        Kemungkinan Tantangan

Kemungkinan tantangan yang menghadang adalah :

a.    Lupa, baik guru yang memberikan soal maupun murid yang mengerjakan

b.    Murid bosan mengerjakan soal-soal dalam program SOSIS SAPI

 

Tindakan untuk mengantisipasi tantangan adalah :

a.    Untuk mengatasi lupa, untuk guru dibuat alarm, saling mengingatkan diantara guru matematika, persiapan soal-soal SOSIS SAPI  dibarengkan dengan saat membuat persiapan mengajar untuk hari besok sedangkan untuk siswa dibentuk kelompok diskusi untuk saling sharing dan saling mengingatkan agar tetap aktif mengikuti program SOSIS SAPI

b.    Untuk mengatasi bosan, soal-soal dibuat dengan kesulitan yang dapat dilampaui murid serta penyajian yang variatif, mudah dan menyenangkan

 

 

______________________tergerak-bergerak-menggerakkan___________________

 

 


Komentar