SOSIS SAPI
Endah
Purwatiningsih, S.Pd.Mat.
SMP Negeri 1 Kalibening, Banjarnegara
Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Provinsi Jawa
Tengah
Program Yang Berdampak Positif Pada Murid
“SOSIS SAPI”
I.
JUDUL:
SOSIS SAPI (Soal Istimewa untuk Sarapan Pagi)
II.
TUJUAN :
SOSIS SAPI dilaksanakan agar murid suka dengan matematika
serta terampil berhitung bilangan bulat dan bilangan pecahan
III.
LATAR BELAKANG :
A. Konsep yang mendasari :
No. |
Konsep |
Aksi Nyata |
Modul yang diterapkan |
1. |
Menuntun murid |
Menuntun murid untuk mengembangkan kekuatan positif dalam numerasi |
1.1.Refleksi Filosofi Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara |
2. |
Inovatif |
Berkreasi untuk pembelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan murid |
1.2.Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak |
3. |
Prakarsa Perubahan |
Membuat Prakarsa Perubahan sebagai acuan untuk meraih impian yaitu murid
suka dengan matematika serta terampil dalam berhitung bilangan bulat dan
bilangan pecahan sebagai tindak lanjut dari permintaan murid melalui Voice
nya yang disampaikan murid secara spontan saat ngobrol santai dengan guru
mata pelajaran Matematika di lapangan basket (di depan ruang kelas VIIC ) SMP
Negeri 1 Kalibening |
1.3.Visi Guru Penggerak |
4. |
Budaya positif |
Mengkondisikan murid menjadi pembelajar sepanjang hayat |
1.4.Budaya Positif |
5. |
Profil Belajar |
Memenuhi kebutuhan murid dalam hal gaya belajarnya yang sesuai dengan kodrat
jaman yaitu digitalisasi pembelajaran |
2.1.Pembelajaran Berdiferensiasi |
6. |
Mengembangkan KSE dengan |
Mengembangkan karakter tanggung jawab dalam pengambilan keputusan sebagai
bentuk Ownership terhadap Voice dan Choice murid sendiri |
2.2.Pembelajaran Sosial dan Emosional |
7. |
Sebagai Coaching |
Mengantarkan murid untuk meriah tujuan suka dengan matematika serta terampil
berhitung bilangan bulat dan pecahan sesuai dengan Choice murid |
2.3. Coaching Dalam Supervisi Akademik |
8. |
Mengambil keputusan membuat program yang berdampak positif pada murid |
Melalui komunikasi dan koordinasi dengan murid, rekan sejawat diambil
keputusan membuat program yang berdampak positif pada murid yaitu “SOSIS SAPI “ ( Soal Istimewa Untuk Sarapan Pagi ) atas
dasar Choice dari murid yang disampaikan oleh perwakilan tiap kelas di
halaman masjid Al Jabir SMP Negeri 1 Kalibening |
3.1. Pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin |
9. |
Mengelola sumber daya yang ada |
Memanfaatkan waktu murid (pagi) Memanfaatkan aset (HP) |
3.2. Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya |
10. |
Mengelola Program yang berdampak pada murid |
Mengelola dengan baik dan stabil program SOSIS SAPI dengan langkah awal sosialisasi kepada 1.
Seluruh
warga sekolah 2.
Wali murid
melalui grup WA Yang sebelumnya sudah dimusyawarahkan dengan beberapa rekan sejawat
meliputi guru Matematika, Wali kelas,
Guru BK/TIK, Kesiswaan, Guru senior, Guru PPkn |
3.4. Pengelolaan program yang berdampakpositif pada murid |
B.
Strategi
Penumbuhan Student Agency
No. |
Student Ageny |
Aksi Nyata |
1. |
Voice |
Mendengarkan
suara murid tentang bagaimana saya dalam memimpin pembelajaran matematika
agar murid senang dan bahagia dalam belajar matematika. Suara murid tersebut
diantaranya adalah : a.
Murid lebih
suka mengerjakan latihan soal yang dibuat oleh guru b.
Minta
diberikan latihan soal yang berkali-kali untuk mengasah kemampuan matematikanya |
2. |
Choice |
Menanyakan
penugasan seperti apakah yang menyenangan dalam belajar matematika. Pilihan
murid adalah : a.
Materi
operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan meliputi penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian b.
Media yang
digunakan adalah HP c.
Variasinya
soal dibuat dalam berbagai macam aplikasi seperti wordwall, quizizz, game dan
lain-lain |
3. |
Ownership |
Menunjukkan
tanggungjawabnya terhadap Voice dan Choice nya yaitu dengan disiplin,kontinyu
dan bersemangat mengerjakan soal-soal dalam program “SOSIS SAPI “ |
C. KARAKTERISTIK SEKOLAH :
a. Displin waktu sebagai budaya positif yang sudah
disepakati
Dengan mengikuti program SOSIS SAPI maka murid akan disiplin waktu, berpagi-pagi
persiapan untuk belajar di sekolah
b. Pemanfaatan HP untuk peningkatan kompetensi murid
Murid akan terarah dalam menggunakan
HP serta paham kegunaan dan manfaat HP
c. Murid menjadi pembelajar sepanjang hayat
§ Murid tiap hari belajar dengan mengerjakan
soal-soal dalam SOSIS SAPI
§ Murid belajar dengan mencermati dan pembahasan
soal-soal dalam SOSIS SAPI melalui media sosial
yang sudah disepakati yaitu : tiktok.com/@endah_purwatining,
https://youtube.com/@endah_purwatining
dan https://endahpurwatiningsihblog.blogspot.com/serta
dengan bimbingan guru secara langsung
§ Membiasakan murid untuk selalu belajar matematika
karena matematika adalah “mother of
science” dan sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari.
D. KESENJANGAN KEBUTUHAN DI LAPANGAN
a. Sumber Informasi :
- Voice murid
- Choice murid
- Pada tahun-tahun yang lalu pernah dilaksanakan
pembelajaran jam ke-0 (ke-nol)
- Berdasarkan testimoni terkait dengan penggunaan
media pembelajaran digital sebagian besar murid menyatakan senang belajar
matematika menggunakan aplikasi-aplikasi yang bervariasi dan mereka menyatakan
matematika itu mudah dan menyenangkan
- Sudah diadakan uji coba selama 2 minggu di kelas
yang saya pimpin dengan kesan murid matematika itu mudah dan menyenangkan
b. Data :
- Materi prasarat murid untuk bekal mengikuti
pembelajaran matematika masih belum
memberikan dukungan yang maksimal
- Semangat murid dalam belajar matematika
masih kurang karena dihantui
pemikiran
bahwa matematika itu sulit
-.Hasil nilai matematika
Sumatif Akhir Semester masih kurang menggembirakan dan
belum maksimal
Untuk melihat proses
mengelola dan mengolah Voice dan Choice murid sehingga terlahir Prakarsa
Perubahan berupa program yang berdampak positif pada murid yaitu SOSIS SAPI dapat disimak dalam link berikut :
http://tiny.cc/youtube-SOSISSAPI-endahpn
atau scan di sini
IV.
CAPAIAN,LANGKAH-LANGKAH DAN HASIL YANG
DIHARAPKAN DARI TIAP TUJUAN
A. Capaian:
1. Murid suka dengan matematika
2. Murid terampil berhitung bilangan
bulat dan bilangan pecahan
B. Langkah-langkahnya dapat dicermati pada link
berikut :
https://drive.google.com/drive/folders/1Ga7gnYUdq5EJ5WQqgr9SIRtZDdLYpnEp?usp=sharing
atau
https://bit.ly/endahpn-BAGJA-sosissapi
V.
STRUKTUR PROGRAM DAN MITRA
Program SOSIS SAPI ini merupakan program sekolah yang diatur dengan
ketentuan sebagai berikut :
1. diperuntukkan untuk murid SMP Negeri 1 Kalibening
kelas VII
2. berlangsung selama satu tahun dimulai hari pertama
pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan diakhiri pada hari
terakhir pembelajaran semester gasal tahun pelajaran 2023/2024 dilanjutkan
untuk dua tahun berikutnya setelah dilakukan evaluasi pelaksanaan program
kegiatan SOSIS SAPI
3. dilaksanakan secara online tiap pagi sebelum jam
pembelajaran dimulai
4. media yang digunakan adalah HP
5. berupa soal-soal kuis yang disajikan melalui
aplikasi yang bervariasi seperti wordwall, quizizz, padlet, google form dan
aplikasi lainnya
6. pembahasan soal kuis (jika diperlukan) melalui
tiktok.com/@endah_purwatining,
https://youtube.com/@endah_purwatining
dan https://endahpurwatiningsihblog.blogspot.com/
serta pembahasan langsung dari guru
7. materi kuis adalah soal-soal operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat dan bilangan pecahan
8. pemantauan dengan dibentuk kelompok diskusi dengan
anggota 4 orang perkelompok
9. tiap kelompok diskusi dibentuk kepengurusan
10. dalam kelompok diskusi saling mengingatkan untuk
mengerjakan SOSIS SAPI
11. kelompok diskusi sebagai ajang diskusi jika ada
kesulitan maupun kendala terkait program SOSIS SAPI
12. mitra yang berkolaborasi dalam program ini adalah
a. kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan
b. siswa sebagai pelaksana program
c. seluruh guru matematika, wali kelas, guru BK, Tim
IT yang akan mendampingi berjalannya program ini
d. wali murid untuk pemberitahuan dan kerjasama dalam
pendampingan di rumah
e. seluruh warga sekolah dengan dukungan
keberlangsungan program
VI.
Pernyataan
tentang kapasitas yang dimilki kelas / sekolah
Kapasitas sumber daya yang
dimiliki sekolah yang dapat digunakan untuk melakukan program ini adalah :
a. Siswa
b. Guru
c. Kepala sekolah
d. Tenaga kependidikan
e. Wali murid
f. Pengurus Komite
g. HP yang dimilki siswa
h. Wifi sekolah
VII.
Rencana
Evaluasi
Evaluasi program akan dilaksanakan
sebagai sarana untuk pengembangan program kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut:
a. dilakukan tiap bulan
b. dengan melibatkan siswa dan guru matematika
c. mencermati data murid yang aktif dalam program
kegiatan ini
d. data diambil tiap hari oleh ketua kelompok dengan
cara anggota kelompok melapor jika sudah mengerjakan soal dalam SOSIS SAPI secara
lisan
e. ketua kelompok mencatat yang tidak aktif dalam
program SOSIS SAPI ini
f. rekap data keaktifan murid dalam SOSIS SAPI dilaporkan ke guru matematika yang mengajar di
kelasnya
g. Jika ada masalah, guru matematika mengajak diskusi
di kelas yang bermasalah terkait pelaksanaan program SOSIS SAPI untuk
dilakukan tindak lanjut
VIII.
Kemungkinan
Tantangan
Kemungkinan tantangan yang menghadang adalah :
a. Lupa, baik guru yang memberikan soal
maupun murid yang mengerjakan
b. Murid bosan mengerjakan soal-soal
dalam program SOSIS SAPI
Tindakan untuk mengantisipasi tantangan adalah :
a. Untuk mengatasi lupa, untuk guru
dibuat alarm, saling mengingatkan diantara guru matematika, persiapan soal-soal
SOSIS
SAPI dibarengkan dengan saat membuat persiapan
mengajar untuk hari besok sedangkan untuk siswa dibentuk kelompok diskusi untuk
saling sharing dan saling mengingatkan agar tetap aktif mengikuti program SOSIS SAPI
b. Untuk mengatasi bosan, soal-soal
dibuat dengan kesulitan yang dapat dilampaui murid serta penyajian yang
variatif, mudah dan menyenangkan
______________________tergerak-bergerak-menggerakkan___________________
Komentar
Posting Komentar